Landasan Politik Luar Negeri Indonesia

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
Salam sejahtera buat teman-teman semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin yarobal alamin.

Di hari yang berbahagia ini kami ingin mengajak teman-teman untuk berdiskusi mengenai landasan politik luar negeri indonesia,  mungkin ada dari teman-teman yang belum paham mengenai materi ini, oleh karena itu kami mengangkat materi ini dalam diskusi kali ini. Mengingat saat kami masih sekolah dulu, kami sangat malas  jika diajarkan mengenai materi ini karena menurut kami dulu, materi ini sangat sulit dipahami hehehehe. Oke langsung saja kita simak pembahasan berikut ini:




Landasan Politik Luar Negeri Indonesia
Indonesia tidak begitu saja diakui kemerdekaanya oleh lain setelah proklamasi kemerdekaan. Padahal legitimasi tersebut akan berpengaruh terhadap jalanya hubungan Indonesia dengan Negara lain.salah satu cara untuk mendapatkan legitmasi tersebut adalah dengan menerapkan poliik luar negeri yang sesuai dengan keadaan di Indonesia.

Politik luar negeri merupakan upaya dalam mempertemukan kepentingan nasional, khusunya dalam rencana pembangunan nasional dengan berkembangan dan perubahan internasional. Politik luar negeri Indonesia telah mengalami perkembangan selama enam dekade.


Landasan politik luar negeri Indonesia ada tiga macam, yaitu:

1.       Landasan Idiil.
Idiil disini berarti gagasan dasar Negara atau falsafah kenegaraan. Untuk landasan idiil Indonesia adalah pancasila yang menjelaskanmengenai pedoman dasar pelaksanaan kehidupan dalam berbangsa dan bernegara yang ideal dan sudah mencakup seluruh sendi kehidupan bangsa. Pancasila adalah salah satu pendorong objektif yang berpengaruh terhadap politik luar negeri Indonesia.


2.       Landasan Kunstitusional
Landasan kunstitusional berarti segala ketentuan dan aturan ketatanegaraan atau undang-undang dasar suatu Negara. Dalam UUD 1945 terdapat pasal-pasal yang mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk kebijakan luar negeri Indonesia. Salah satu contohnya adalah pada UUD 1945 alenia ke empat, yaitu:” …. Dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial …” dari isi pembukaan UUD 1945 tersebut kia dapat mengetahui bahwa Indonesia akan ikut berperan dalam memerangi penjajahan dan menciptakan kedamaian dunia.



3.       Landasan Operasional
Landasan operasional bersifat bebas aktif. Landasan operasional diartikan sebagai sebuah konsep dasar tujuan pengelolaan secara menyeluruh dari kehidupan nasional suatu Negara. Namun landasan operasional juga mengalami perluasan makna karena politik luar negeri Indonesia juga mengalami perkembangan selama 6 dekade. Oleh karena itu, dalam setiap periode terjadi perubahan dalam politik luar negeri itu sendiri, tergantung pemerintahan saat itu. Selain itu landasan operasional juga dapat berubah sesuai dengan kondisi yang ingin dicapai bangsa Indonesia saat itu. Perubahan tersebut dapak kita lihat pada pemaknaan landasan operasional pada masa orde lama dan orde baru.


Sejak awal kemerdekaan hingga masa orde lama, landasan operasional politik luar negeri Indonesia bebas aktif. Sebagian besar dinyatakan melalui maklumat dan pidato-pidato presiden soekarno. Salah satunya adalah dikeluarkanya maklumat politik pemerintah pada tanggal 1 november 1945 yang isinya:

-Politik damai dan hidup berdampingan secara damai

-Tidak campur tangan dengan dalam urusan negeri Negara lain.

-Politik bertetangga baik dan kerjasama dengan semua Negara dibidang ekonomi, politik, dan lain-lain

-Selalu mengacu pada piagam PBB dalam melakukan hubungan dengan Negara lain.

setelah memahami tentang landasan politik luar negeri indonesia sekarang saatnya kita belajar mengenai lahirnya politik luar negeri bebas aktif 

nahh itu saja pembahasan kita kali ini, jika mungkin ada kesalahan penulisan dalam konsep materi yang telah saya sampaikan, saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar besarnya. karena saya sendiri juga merupakan manusia yang tidak luput dari salah dan dosa, jika teman teman teman berkenan silahkan teman teman bisa ikuti saya dan memberikan kritik ataupun saran pada kolom komentar dibawah. Dan saya ucapkan terimakasih karena telah mengunjungi blog saya yang sederhana ini.

wasalamu'alaikum warah matullahi wabarakatuh.

Belum ada Komentar untuk "Landasan Politik Luar Negeri Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel