Hubungan Internasional

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
Salam sejahtera buat teman-teman semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin yarobal alamin.

Pada kesempatan yang berbahagia ini kami ingin mengajak rekan-rekan untuk belajar tentang apa itu Hubungan internasional. Hubungan internasional ini dulu pernah kami pelajari saat kami masih berada di bangku kelas 3 SMA. Untuk mengatahui apa itu hubungan internasional mari sama-sama kita simak penjelasan berikut ini:

Hubungan Internasional

Ada Negara yang kaya dengan sumber daya alam, teapi juga ada Negara yang kaya dengan sumber daya manusia, baik itu dari segi kualitas ataupun kuantitas. Oleh sebab itu maka Negara-negara perlu untuk saling bekerja sama untuk kepentingan rakyat dan bangsanya. Karena tidak ada Negara yang dapat mandiri tanpa ada kerjasama dengan Negara lain.
Menurut Drs.Suwandi Wiratmadja. Hubungan internasional lebih luas jika dibandingkan politik internasional. Politik internasional membahas keadaan politik dimasyarakat internasional yang mencakup segala macam hubungan antar bangsa dan kelompok-kelompok bangsa dalam masyarakat internasional.

Komponen-komponen yang harus ada dalam hubungan internasional yaitu:
-Politik Internasional (international politics).
-Study tenang peristiwa internasional (the study of foreign affair).
-Hukum internasional (international law).
-Organisasi administrasi internasional (international organization of administration).

Tujuan hubungan internasional yaitu:
-mempererat hubungan antar Negara satu dengan yang lain.
-mengadakan kerjasama dalam rangka saling membantu.
-menjelaskan dan menegakan kedaulatan dan batas-batas wilayah.
-mengadakan perdamaian dan perundingan pakta non-agresi.
-mengadakan hubungan dagang atau ekonomi sesuai dengan kepentingan masing-masing.


Factor-faktor yang mempengaruhi timbulnya hubungan internasional yaitu:

Faktor internal, yaitu adanya kekhawatiran mengenai kelangsungan hidupnya suatu Negara, baik melalui kedeta maupun intervensi dari Negara lain. Biasanya, sifat dari hubungan menyangkut pertahanan dan keamanan.

Faktor eksternal, yaitu ketentuan hokum alam yang tidak dapat dipungkiri bahwa suatu Negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dari Negara lain. Setiap Negara mempunyai ketergantungan terhadap Negara lain, meliputi bidang ekonomi, politik, sosial budaya, hokum, dan pertahanan dan keamanan.
Contoh kecil dari ketergantungan itu sendiri adalah Smartphone, kita sendiri tahu banyak hp dari kita buatan luar negeri, seperti Samsung berasal dari korea, xiomi berasal dari cina, dll. Coba bayangkan jika Negara kita tidak menjalin hubungan dengan luar negeri, mungkin saat ini kita tidak akan mempunyai motor, hp, computer, dll.
Secara  umum, titik berat dalam hubungan internasional antara lain dalam bidang pertahanan dan keamanan, ekonomi, sosial budaya, dan juga ideology. Hubungan internasional biasanya diarakan untuk memajukan kesejahteraan dan kepentingan masing-masing Negara atau untuk kepentingan seluruh umat manusia yang bersifat universal

nahh itu saja dulu pembahasan kita kali ini, jika mungkin ada kesalahan penulisan dalam konsep materi yang telah saya sampaikan, saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar besarnya. karena saya sendiri juga merupakan manusia yang tidak luput dari salah dan dosa, jika teman teman-teman berkenan silahkan teman-teman bisa ikuti saya dan memberikan kritik ataupun saran pada kolom komentar dibawah. Dan saya ucapkan terimakasih karena telah mengunjungi blog saya yang sederhana ini.
wasalamu'alaikum warah matullahi wabarakatuh.

Belum ada Komentar untuk "Hubungan Internasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel