Hari Akhir Menurut Islam

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
Salam sejahtera buat teman-teman semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin yarobal alamin.


Pengertian Hari akhir Menurut Islam
Hidupnya manusia ini melewati 4 alam, yaitu :
1. Alam Arwah.
2. Alam dunia.
3. Alam barzakh.
4. Alam akhirat.

Alam arwah sudah kita lewati, dan untuk sekarang ini kita sedang berada di alam dunia. Berarti masih ada dua alam lagi yang belum kita singgahi, nah untuk  pergi ke alam itu yang kita butuhkan adalah amal sholeh dan pahala yang kita kumpulkan selama didunia.
Kita sebagai umat muslim harus ingat bahwa kehidupan di dunia itu pasti akan berakhir. Berakhirnya hidup didunia terbagi menjadi dua, yakni
-pertama berakhirnya karena mati, ini bersifat perorangan, dan ini yang disebut kiamat sugro
-yang kedua berakhirnya kehidupan di dunia ini, yang biasa disebut kiamat kubro
Baik mati ataupun kiamat semua menjadi rahasia Allah SWT, tiada satupun makhluk yang mengetahuinya,  bahkan malaikat dan rasul pun tidak mengetahuinya.

Nama-nama hari kiamat.

1. Yaumul  Qiyamah: adalah hari kiamat seluruh umat dari nabi Adam hingga manusia terakhir. Ajaran ini diyakini oleh umat Islam,Kristen, dan yahudi.  Al Qiyamah juga nama dari salah satu ayat ke 75 didalam kitab suci Al Qur’an.

2. Yaumul Ba’st: adalah Hari Pembangkitan ialah penghidupan kembali orang-orang yang sudah mati.

3. Yaumul Fashl: Hari Keputusan dinamai demikian karena pada hari itu Allah membuat keputusan di antara hamba-hambanya tentang apa yang mereka perselisihkan dan pertentangkan.

4. Yaumud Diin: Hari Perhitungan, Dinamakan hari perhitungan karena pada hari itu Allah akan membalas dan menghitung perbuaan hamba-hambaNya selama didunia.

5. Yaumul Nadamah: adalah hari penyesalan, dinamakan hari penyesalan karena banyak umat manusia yang sangat menyesal karena selama di dunia mereka tidak beriman kepada Allah SWT.

6. Yaumul Ghasiyah: adalah hari pingsan, dinamakan deikian karena pada hari itu kepanikan melanda manusia. Dan salah satu maknanya adalah bahwa orang-orang kafir akan dilanda dan diliputi oleh siksaan dari atas dan dari bawah kaki mereka.

7. Yaumul Khulud: adalah hari yang kekal, dinamakan hari yang kekal karena manusia pada saat itu akan mengalami hidup yang abadi, untuk orang-orang kafir mereka akan kekal dineraka, sedangkan orang yang beriman maka mereka akan kekal di surga dan  tiada lagi kematian seperti di dunia.

8. Yaumul Wa’id: adalah hari ancaman, dinamakan demikan karena pada hari itu orang-orang yang yang tida beriman akan mendapatkan berita bahwa mereka akan disiksa.

9. Yaumul Jaza’: adalah hari pembalasan, pada hari itu tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang telah mereka kerjakan selama di dunia

Peristiwa Hari Kiamat.

Banyak sekali ayat-ayat Al Qur’an yang menggambarkan terjadinya hari kiamat, di antaranya adalah surat Al Zalzalah.
Menurut Surat Al Zalzalah besok pada hari kiamat bumi akan digoncang sekeras-kerasnya dan bumi akan mengeluarkan beban-beban dari perutnya.
Coba bayangkan apa yang akan terjadi apabila Bumi akan digoncangkan dengan sekeras-kerasnya. Maka pada saat itu mungkin  rumah-rumah akan ambruk, gedung-gedung akan roboh dan jika gempa tersebut di daerah pantai pasti akan terjadi sunami. Dan pada saat itu semua isi bumi akan dikeluarkan, kita sama-sama mengetahui bahwa didalam perut bumi itu mengandung bermacam macam barang tambang seperti: gas, minyak bumi, kemudian Lava Pijar(Gunung Berapi). Jika semua barang barang itu sampai keluar ke permukaan bumi mungkin saja jika seluruh permukaan bumi akan hangus terbakar. Jadi tidak akan mungkin ada yang bisa selamat dari hari kiamat.
Wallahu a'lam bish-shawabi


nahh itu saja pembahasan kita kali ini, jika mungkin ada kesalahan penulisan dalam konsep materi yang telah saya sampaikan, saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar besarnya. karena saya sendiri juga merupakan manusia yang tidak luput dari salah dan dosa, jika teman teman teman berkenan silahkan teman teman bisa ikuti saya dan memberikan kritik ataupun saran pada kolom komentar dibawah. Dan saya ucapkan terimakasih karena telah mengunjungi blog saya yang sederhana ini.
wasalamu'alaikum warah matullahi wabarakatuh.

Belum ada Komentar untuk "Hari Akhir Menurut Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel