5 Sifat Lebah Yang Harus di Contoh Seorang Mukmin

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Salam sejahtera buat teman-teman semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin yarobal alamin.


 5 Sifat Lebah Yang Harus di Contoh Seorang Mukmin
Seorang Mukmin sifatnya seperti lebah, bagaimana sifatnya lebah yang harus kita contoh





1.     Lebah hanya mau berteman dengan sesama lebah.
Begitu pula seorang mukmin, seorang mukmin berteman dan berkasih sayang hanya dengan yang sesama mukmin dan se-Akidah, kalau berbuat baik dan bersikap baik kepada siapapun kita harus bersikap baik walaupun kepada non muslim, dengan harapan jika kita berbuat dan bersikap baik kepada non muslim, orang tersebut akan tersentuh hatinya sehingga ingin masuk islam.
Tetapi untuk soal akidah tetap “lakum dinnukum waliyaddin”(Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku)

Kerena sejatinya teman itu nulari, jika kita berteman dengan orang yang rajin mengaji maka kita akan ketularan rajin mengaji, berteman dengan orang yang rajin sholat jamaah maka kita juga akan ketularan rajin sholat berjamaah,dan jika kita berteman dengan teman yang suka mabuk maka kita juga akan ketularan suka mabuk. Oleh karena itu kita harus lebih selektif dalam berteman jangan sampai kita ketularan dengan hal yang negatif.

2.     Lebah tidak mengkonsumsi kecuali makanan yang baik-baik
Kita tahu sendiri bahwa makanan lebah adalah madu dan madu itu sendiri adalah minuman yang baik, begitu pula dengan seorang mukmin.

Seorang mukmin harus mengkonsumsi yang baik-baik, baik yang dimaksud disini adalah yang halal, jika tidak terjaga ke-halalan nya jangan dimakan,jangan diminum,dan jangan dipakai karena konsumsi makanan,minuman dan yang kita pakai akan mempengaruhi perilaku dan kepribadian kita.

Barang siapa  yang konsumsinya halal maka orang itu akan jernih pikiranya dan bersih hatinya.
Barang yang konsumsinya haram maka organ-organ tubuhnya akan mudah untuk berbuat maksiat dan mudah melakukan dosa.

3.     Lebah selalu membuat tempat tinggal ditempat yang baik.
Lebah tidak pernah membuat rumah ditempat yang kotor, dia jika membuat rumah biasanya selalu ditempat yang tinggi karena itu menyimbolkan ketinggian derajat. Begitu pula seorang mukmin, seorang mukmin walaupun dimanapun jika membuat rumah juga harus ditempat yang bersih dari hal-hal yang berbau maksiat.

4.     Lebah hanya mengeluarkan yang baik.
Yang dikeluarkan lebah adalah madu. Begitu pula seorang mukmin, begitu pula seorang mukmin, dia tidak akan mengeluarkan ucapan maupun tindakan kecuali ucapan maupun tindakan yang baik.




5.     Seekor lebah jika mempunyai cita-cita maka dia akan fokus.
Sekali terbang lebah mampu menempuh jarak 60km tanpa hinggap sekalipun, dan sekali hinggap maka dia akan hinggap pada bunga dan mendapatkan sari-sarinya bunga.
Begitu pula seorang mukmin, maka para pemuda-pemuda mukmin jika kalian punya cita-cita kalian harus focus pada cita-citamu itu. Jangan pantang menyerah, yang namanya halangan dan rintangan itu pasti ada tapi kalian jangan sampai berhenti sebelum cita-cita kalian tercapai.

Mari teman-teman kita perbaiki diri kita dengan perbanyak ibadah kepada Allah SWT dan berusaha keras untuk menjauhi apa yang diharamkan sebelum ajal menjemput kita, karena kita tidak tahu kapan ajal menjemput, jangan sampai ajal sudah datang tapi kita tidak mempunyai bekal yang cukup untuk diakhirat nanti.

nahh itu saja pembahasan kita kali ini, jika mungkin ada kesalahan penulisan dalam konsep materi yang telah saya sampaikan, saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar besarnya. karena saya sendiri juga merupakan manusia yang tidak luput dari salah dan dosa, jika teman teman teman berkenan silahkan teman teman bisa ikuti saya dan memberikan kritik ataupun saran pada kolom komentar dibawah. Dan saya ucapkan terimakasih karena telah mengunjungi blog saya yang sederhana ini.
wasalamu'alaikum warah matullahi wabarakatuh.


Referensi: ceramah KH.Anwar Zahid

Belum ada Komentar untuk "5 Sifat Lebah Yang Harus di Contoh Seorang Mukmin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel