Pengertian, Persamaan, dan Perbedaan Bimbingan dan Konseling

Pengertian, Persamaan, dan Perbedaan Bimbingan dan Konseling

 


A.    PENGERTIAN BIMBINGAN

Berbagai rumusan tentang bimbingan yang dikemukakan para ahli di antaranya sebagai berikut:

      Rumusan Chiskolm (dalam Prayitno, 2015) mengemukakan bahwa bimbingan adalah membantu   setiap individu untuk lebih mengenali berbagai informasi tentang dirinya.

      Crow & Crow (dalam Prayitno, 2015) mengemukakan bahwa bimbingan adalah bantuan oleh seseorang, laki-laki atau perempuan, yang memiliki kepribadian yang memadai dan terlatih dengan baik kepada individu-individu setiap usia untuk membantu mengatur kegiatan hidupnya sendiri, mengembangkan pandangan hidupnya sendiri, membuat keputusan sendiri dan menanggung bebannya sendiri.

      Jones, Staffire & Stewart (dalam Prayitno 2015) mengemukakan bimbingan adalah bantuan yang diberikan kepada individu dalam membuat pilihan-pilihan dan penyesuaian-penyesuaian yang bijaksana.

Dari beberapa pendapat para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seorang yang ahli kepada seseorang atau beberapa orang individu, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa agar orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri, dengan memanfaatkan kekuatan individu yang ada dan dapat dikembangkan berdasarkan norma yang berlaku.

 

 

B.     PENGERTIAN KONSELING

Secara etimologis, istilah konseling berasal dari bahasa Latin, yaitu “consilium” yang berarti dengan atau bersama yang dirangkai dengan kata menerima atau memahami.  Ada beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian dari konseling.

 

      Pendapat Shertzer dan Stone (1974) konseling adalah interaksi yang terjadi antar dua orang individu, masing-masing disebut konselor dan klien, yang terjadi dalam suasana yang profesional, dilakukan dan dijaga sebagai alat memudahkan perubahan-perubahan dalam tingkah laku klien

      Pendapat McCleland dalam Sertzer dan Stone (1974) konseling adalah suatu proses yabg terjadi salam hubungan tatap muka antara seorang individu yang terganggu oleh karena masalah-masalah yang tidak dapat diatasi sendiri dengan seorang yang pekerja yang profesional, yaitu orang  yang terlatih dan berpengalaman membantu orang lain mencapai pemecahan-pemecahan terhadap berbagai jenis kesulitan pribadi.

 

Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan Konseling  adalah suatu proses memberi bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling oleh seorang ahli(yang disebut konselor) kepada individu yang sedang mengalami suatu masalah(klien) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi oleh klien.

 

C.    PERSAMAAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Persamaan antara bimbingan dan konseling  terletak pada tujuan yang hendak dicapai yaitu sama-sama berusaha untuk memandirikan individu, sama-sama diterapkan dalam program persekolahan, dan sama-sama mengikuti norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat tempat kedua kegiatan diselenggarakan. Dengan kata lain bimbingan ini merupakan satu kesatuan dengan konseling yang mana konseling berada dalam kesatuan bimbingan tersebut.

 

D.    PERBEDAAN BIMBINGAN DAN KONSELING

      Dari segi ruang lingkup

           Bimbingan lebih luas karena mencakup usaha preventif, kuratif dan preseveratif sedangkan konseling hanya mencakup usaha kuratif.

      Dari segi masalah

           Bimbingan menangani hal-hal yang non emosional, misalnya masalah belajar, pemilihan jurusan kuliah, dan persiapan pekerjaan sedangkan konseling lebih menitikberatkan pada masalah masalah emosional.

      Dari segi tujuan

           Bimbingan mengutamakan pencegahan agar siswa  terhindar dari permasalahan sedangkan konseling mengutamakan pemecahan masalah agar siswa bisa mengatasi masalah yang sedag dihadapi.

      Dari segi layanan

           Bimbingan biasanya dilakukan secara kelompok sedangkan konseling biasanya dilakukan secara individual

      Dari segi fungsi

           Bimbingan memiliki fungsi preventif dan pengembangan sedangkan konseling lebih fokus pada fungsi kuratif

      Dari segi peranan

           Bimbingan membantu pencapaian program dan tujuan pendidikan sedangkan konseling membantu berlangsungnya perkembangan pribadi siswa secara sehat.

      Dari segi petugas

           Bimbingan dapat dilakukan oleh kepala sekolah, orang tua, wali kelas dan orang dewasa lainnya kepada individu yang memerlukannya, sedangkan konseling hanya dapat dilakukan oleh  konselor yang telah terdidik dan terlatih yaitu dari sarjana Bimbingan dan Konseling

 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Persamaan, dan Perbedaan Bimbingan dan Konseling"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel