LATAR BELAKANG PERLUNYA BIMBINGAN DAN KONSELING

LATAR BELAKANG PERLUNYA BIMBINGAN DAN KONSELING

Setidaknya ada empat latar belakang perlunya bimbingan dan konseling, diantaranya adalah: Latar belakang Psikologis, Latar belakang Sosial dan Budaya, Latar belakang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), dan Latar belakang Pedagogis

1.      LATAR BELAKANG PSIKOLOGIS BIMBINGAN DAN KONSELING

Perlunya Bimbingan dan Konseling berdasarkan aspek psikologis bimbingan dan konseling sangat perlu sekali karena pada dasarnya dapat memberikan penjelasan bahwa individu merupakan pribadi yang unik seperti menyangkut aspek kecerdasan, emosional, sosiabilitas, sikap, kebiasaan, dan kemampuan penyesuaian diri, individu tidak sama dan pasti memiliki perbedaan, dapat memberikan pemahaman tentang tingkah laku individu seiring perkembangannya yang selalu berubah sesuai dengan tugas perkembangannya kearah kematangan, tingkah laku yang perlu diubah atau dikembangkan untuk mengatasi masalah yang dihadapi, serta dapat memberikan pemahaman tentang masalah-masalah psikologis.

Latar belakang dari segi psikologis menyangkut masalah perkembangan individu, perbedaan individu, kebutuhan individu penyesuaian diri dan masalah belajar.

2.      LATAR BELAKANG SOSIAL BUDAYA BIMBINGAN DAN KONSELING

Individu merupakan biopsikososiospiritual, yang artinya bahwa individu makhluk biologis, psikologis, sosial dan spiritual. Setiap anak sejak lahir tidak hanya mampu memenuhi tuntutan biologisnya, tepapi juga tuntutan budaya di mana individu itu tinggal, tuntutan budaya itu dilakukan agar segala dampak modernisasi dapat di filter oleh individu tersebut secara otomatis, serta individu diharapkan dapat menyesuaikan tingkah lakunya sesuai dengan budaya yang sudah ada, agar dapat di terima dengan baik oleh lingkungan tersebut. Untuk mengembangkan semua kemampuan penyesuaian tersebut, sangat diperlukan sebuah bimbingan.

Terkait dengan layanan bimbingan dan konseling di Indonesia, tren bimbingan dan konseling multikultural, bahwa bimbingan dan konseling dengan pendekatan multikultural sangat tepat untuk lingkungan berbudaya plural seperti Indonesia

 

3.      LATAR BELAKANG ILMU PENGETAHUAN & TEKNOLOGI (IPTEK)

Kebutuhan pelaksanaan bimbingan konseling berlatar belakang aspek Ilmu Pengetahuan & Teknologi (IPTEK) maksudnya adalah dalam pelayanan bimbingan konseling klien memanfaatkan media online untuk memenuhi kebutuhan konseling nya.

 bimbingan konseling menggunakan mesia online terlihat lebih modern dan efisien tapi ternyata bimbingan konseling dengan media online memiliki dampak negative, dampak negative tersebut adalah:

      Ancaman bagi profesi konseling saat ini adalah kemungkinan pengacauan oleh individu-individu tak terlatih yang kualifikasi satu-satunya hanyalah komputer membuka situs online sendiri dan sekeder membuat namanya dikenal dengan berbagai metode kuasi-psikologis seperti ramalan bintang, garis tangan, aura dan sebagainya.

      Tidak diketahuinya efektivitas hasil konseling dengan biaya yang sudah dikeluarkan,

Efek konseling bagi motivasi klien tidak diketahui secara pasti

      Klien bisa kliru dalam menafsirkan diskusi apapun kalau kehadiran konselor terus dihilangkan

 

4.       LATAR BELAKANG PEDAGOGIS

Tujuan Pendidikan Nasional Menurut UU. No 20 Tahun 2003 adalah untuk mengembangkan manusia Indonesia dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Manusia yang mempunyai takwa dan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mempunyai budi pekerti yang luhur, mandiri, kepribadian yang mantap, kesehatan rohani, dan Jasmani, keterampilan dan pengetahuan, dan terakhir mempunyai rasa tanggung jawab untuk berbangsa dan bermasyarakat.

 

 

Latar Belakang Pedagogis dibagi menjadi 2 yaitu

A.    Perkembangan Pendidikan

Perkembangan pendidikan adalah suatu aspek penting dalam majunya suatu negara serta pembentuk karakter bangsa, setiap warga negara memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

 

B.     Peranan Guru

Sebagai pendidik, tugas dan tanggung jawab guru yang paling utama ialah mendidik yaitu membantu proses anak didiknya menuju kedewasaan.

 

Lalu bagaimana memilih konseler yang profesional?

      Pengetahuan mengenai diri sendiri

      Kompetensi sebagai kualitas diri baik itu fisik, intelektual, emosional, serta moral

      Dapat dipercaya

      Dapat menjamin kerahasian konseli

      Kehangatan dan

      Kebebasan dalam mengutarakan isi hati.

 

Belum ada Komentar untuk "LATAR BELAKANG PERLUNYA BIMBINGAN DAN KONSELING"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel