Wawasan nusantara

 Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
Salam sejahtera buat teman-teman semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin yarobal alamin.



Wawasan Nusantara




Wawasan nusantara berasal dari dua kata yaitu wawasan dan nusantara.

Wawasan sendiri berasal dari kata wawas (bahasa jawa) yang memiliki arti pandangan, tinjauan atau penglihatan indrawi.

Selanjutnya muncul kata wawas yang berarti memandang, meninjau, atau melihat.

Wawasan berarti pula cara pandang atau cara melihat.

Sedangkan nusantara berasal dari kata nusa dan antara.

Nusa artinya pulau atau kesatuan kepulauan.

Antara artinya menunjukan letak antara dua unsur.

Jadi nusantara artinya kesatuan kepulauan yang terletak antara dua benua, yaitu benua Australia dan Asia. dan dua samudera yaitu samudera hindia dan samudera pacific.

Berdasarkan pengertian modern kata ”nusantara”  digunakan sebagai kata pengganti nama Indonesia.



Berdasarkan teori-teori tentang wawasan, latar belakang, falsafah pancasila, latar belakang pemikiran aspek wilayah, aspek sosial budaya, dan aspek kesejahteraan, terbentuklah satu wawasan nasional Indonesia yang disebut wawasan nusantara dengan rumusan pengertian yang sampai saat ini terus berkembang .

Terdapat beberapa pengertian tentang wawasan nusantara, antara lain sebagai berikut:

Wawasan nusantara adalah cara pandang atau sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkunganya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dan tetap menghargai serta menghormati kebhinekaan dalam setiap aspek kehidupan nasional untuk mencapai tujuan nasional.

Menurut Prof. Dr. Wan Usman bahwa pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang bervariasi.

Pengertian wawasan nusantara berdasarkan kelompok kerja lembaga pertahanan nasional tahun 1999, bahwa wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan nya yang bervariasi dan memiliki nilai bermasyarakat , berbangsa, dan bernegara untuk memperoleh tujuan nasional.

Berdasarkan TAP MPR tahun 1993 dan tahun 1998 tentang garis besar haluan Negara, pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkunganya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam pelaksanaan  penyelenggaraan kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara untuk menggapai tujuan nasional.

Dengan demikian, wawasan nusantara menakup semua aspek kehidupan  yang utuh sehingga tidak dapat dipisah-pisahkan sesuai dengan kepentingan masing-masing.

Bangsa Indonesia yang majemuk harus mampu membina dan membangun atau menyelenggarakan kehidupan yang baik.

Untuk itu, pembinaan dan penyelenggaraan tata kehidupan bangsa  dan Negara disusun atas dasar timbal balik antara semua aspek dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan nasional.

Dari pengertian diatas maka pengertian yang digunakan sebagai acuan pokok ajaran dasar wawasan nusantara ialah wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia, yaitu:

Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkunganya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dan tetap menghargai serta menghormati kebhinekaan dalam setiap aspek kehidupan nasional untuk mencapai tujuan nasional.

nahh itu saja pembahasan kita kali ini, jika mungkin ada kesalahan penulisan dalam konsep materi yang telah saya sampaikan, saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar besarnya. karena saya sendiri juga merupakan manusia yang tidak luput dari salah dan dosa, jika teman teman teman berkenan silahkan teman teman bisa ikuti saya dan memberikan kritik ataupun saran pada kolom komentar dibawah. Dan saya ucapkan terimakasih karena telah mengunjungi blog saya yang sederhana ini.

wasalamu'alaikum warah matullahi wabarakatuh.

Belum ada Komentar untuk "Wawasan nusantara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel