Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
Salam sejahtera buat teman-teman semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin yarobal alamin.


Hai teman-teman.!
Teman-teman sudah pada tahu apa kelebihan dan kekurangan kabel fiber optic.?

Jika pada belum tahu, pas banget nihh karena pada kesempatan kali ini, kami ingin mengajak teman-teman untuk belajar mengenai kelebihan kabel jaringan fiber optic.

Oke langsung saja ya kita simak materi dibawah ini.


Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik



Sebagai kabel yang dibuat dengan teknologi modern, kabel jaringan fiber optic mempunyai sederet keunggulan jika dibandingkan dengan kabel jaringan lainya seperti kabel coaxial maupun kabel twisted pair.

Namun walaupun kabel fiber optic mempunyai segudang kelebihan akan tetapi juga tidak menutup kemungkinan jika kabel jaringan fiber optic ini tak mempunyai kelemahan.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan kabel jaringan fiber optic:


a.       Kelebihan kabel jaringan fiber optic.

1)      Kabel jaringan fiber optic dapat beroprasi dengan kecepatan yang sangat tinggi dalam membawa informasi maupun data, dan bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan kabel jaringan coaxial maupun kabel twisted pair.

Kecepatan transfer datanya bahkan dapat mencapai 1000 mbps.



2)      Bandwidth kabel jaringan fiber optic tak perlu diragukan lagi karena mampu membawa paket-paket yang berkapasitas besar (dapat mencapai 1gb/detik).


3)      Kabel jaringan fiber optic dapat mengirim sinyal lebih jauh dibandingkan kabel jaringan jenis lainya, dan bahkan tanpa memerlukan perangkat penguat sinyal seperti repeater atau lainya.

Kalaupun dibutuhkan, penguat sinyal tidaklah perlu dipasang setiap Kalaupun dibutuhkan, penguat sinyal tidaklah perlu dipasang setiap 5 km seperti kabel-kabel jaringan lainy, melainkan hanya cukup dipasang setiap 20 km saja.


4)      Material yang dipakai untuk membuat kabel jaringan fiber optic memiliki keunggulan untuk bisa bertahan pada banyak gangguan seperti kelembapan udara dan cahaya panas.

Dengan demikian  maka kita tahu bahwa kabel fiber optic relative lebih awet karena tidak mudah rusak.


5)      Kemampuan kabel jaringan fiber optic yang tahan lama dan tidak mudah rusak membuat lebih efisien dibandingkan kabel jaringan yang lain karena biaya perawatan lebih murah.


6)      Tak berbeda jauh dengan kabel jaringan STP, kabel jaringan fiber optic juga kuat terhadap interferensi elektromagnetik yang berasal dari sekitar kabel.


7)      Kabel jaringan fiber optic terdiri dari berbagai macam jenis yang dapat menjadi opsi untuk menyesuaikan dengan lokasi instalasinya.

Mulai dari instalasi dalam gedung, dibawah tanah, hingga didalam air, semuanya tersedia dengan criteria dan karakteristik yang berbeda-beda.


8)      Karena bukan pengirim gelombang listrik namun pengirim gelombang cahaya, maka kabel fiber optic mampu mengatasi masalah gangguan gelombang frekuensi bahan elektrik.

Dengan begitu, maka kabeljaringan jenis ini sangat ideal untuk digunakan dikawasan yang dikelilingi oleh gelombang frekuensi yang sangat tinggi.


9)      Diameter kabel jaringan fiber optic yang relative lebih kecil dan tipis, ditambah dengan bobot yang ringan maka akan membuat proses instalasi kabel fiber optic relative mudah karena bersifat flekibel.


10)    Berbeda dengan kabel jaringan lain yang berpotensi menyebabkan terjadinya konsleting hingga kebakaran, hal itu tidak akan terjadi  khusus pada kabel fiber optic karena menggunakan bahan dasar serat kaca yang aman dan tidak mudah terbakar karena tidak mengalirkan listrik.


11)    Berbeda dengan kabel jaringan UTP dan STP yang masih menimbulkan kemungkinan terjadinya penyadapan, hal ini tidak berlaku bagi kabel jaringan fiber optic karena dapat meneruskan data tanpa ada distorsi dan gangguan.


12)    Kabel jaringan fiber optic dapat di upgrade dengan mudah bahkan tanpa system kabel yang ada.



Kan tadi kita sudah membahas tentang kelebihanya nih, nah sekarang saatnya kita untuk membahas mengenai kekuranganya.



b.      Kekurangan kabel jaringan fiber optic.


1)      Harga kabel jaringan fiber optic masih tergolong mahal, terutama jika dibandingkan dengan kabel jaringan lain seperti UTP yang terkenal sangat murah.

2)      Dalam proses instalasi kabel jaringan fiber optic memerlukan beberapa alat khusus yang berupa perangkat elektronik yang untuk saat ini memang masih sangat mahal. Tidak semua orang dapat menggunakan kabel ini sebagai media pendukung dalam instalasi sebuah jaringan computer.

3)      Dalam proses pengiriman sinyal, karena harus dilakukan perubahan sinyal listrik ke sinyal optic terlebih dahulu, maka kabel jaringan fiber optic menuntut adanya sumber cahaya yang kuat untuk melakukan pensinyalan seperti alat pembangkit listrik eksternal.

4)      Jika rusak, perbaikan instalasi kabel jaringan fiber optic yang kompleks memerlukan tenaga yang ahli di bidang ini.

5)      Kabel jaringan ini ditakutkan dapat menyerap hydrogen sehingga dapat menyebabkan loss atau kehilangan data.

6)      Mengingat kabel jaringan fiber optic menggunakan gelombang cahaya untuk mentransmisikan data, maka kabel jaringan jenis ini tidak dapat di install dalam jalur yang berbelok secara tajam atau menyudut. Jika terpaksa harus berbelok, maka harus dibuat belokan yang melengkung.



nahh itu saja pembahasan kita kali ini, jika mungkin ada kesalahan penulisan dalam konsep materi yang telah saya sampaikan, saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar besarnya. karena saya sendiri juga merupakan manusia yang tidak luput dari salah dan dosa, jika teman teman teman berkenan silahkan teman teman bisa ikuti saya dan memberikan kritik ataupun saran pada kolom komentar dibawah. Dan saya ucapkan terimakasih karena telah mengunjungi blog saya yang sederhana ini.

wasalamu'alaikum warah matullahi wabarakatuh.

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel