Karakteristik Kabel Jaringan Fiber Optik

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
Salam sejahtera buat teman-teman semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin yarobal alamin.

Hai teman-teman.!

Kan kemarin kita sudah sedikit mengenal mengenai jaringan fiber optik.

Jadi pada kesempatan kali ini kami berniat untuk mengajak teman-teman untuk belajar mengenai karakteristik kabel jaringan fiber optik.

Oke langsung saja kita bahas materi tentang karakteristik kabel jaringan fiber optic.



Karakteristik Kabel Jaringan Fiber Optik.



Karakteristik pada kabel jaringan fiber optic adalah sebagai berikut.


 Struktur komponen kabel jaringan fiber optic.

Karakteristik kabel jaringan fiber optic yakni bagian dalamnya terdiri dari inti yang terbuat dari serat kaca dengan beberapa lapisan yang memiliki fungsi sendiri-sendiri.

Tak berbeda jauh kabel jaringan lain seperti UTP atau kabel STP, pada kabel jaringan fiber optic ini juga terdapat insulator/isolator (disebut coating) yang dirancang dengan beraneka warna.

Kabel fiber optic terdiri dari bagian-bagian berikut:


1)      Inti (core)

Terdapat ditengah-tengah kabel fiber optic terdapat bagian utama dalam struktur kabel optic, yakni core atau inti yang terbuat dari serat kaca.

Umumnya core ini memiliki diameter sekitar 2µm - 50µm (tergantung dari jenis serat optiknya), dimana ukuran core ini sendiri berpengaruh besar terhadap kualitas dan kemampuan dari sebuah kabel fiber optic.

Fungsi core ini pada kabel ini adalah sebagai tempat berlangsungnya perambatan cahaya dari satu ujung ke ujung kabel lainya, sehingga proses proses pengiriman cahaya dapat dilakukan.

Semakin besar diameter inti atau core pada fiber optic, maka semakin baik pula kemampuan dan kualitas dari fiber optic.



2)      Jaket (cladding)

Lapisan yang menyelubungi core pada kabel fiber optic disebt cladding yang terbuat dari kaca.
Indeks bias yang dihasilkan cladding ini lebih dari core, dimana hubngan indeks bias antara core dan cladding akan memengaruhi perambatan cahaya pada core (memengaruhi besarnya sudut kritis).

Diameter cladding berkisar antara 5µm - 250µm serta berfungsi sebagai pelindung core sekaligus menjadi cermin yang terpancar keluar kembali ke dalam core.

Bisa dibilang cladding merupakan bagian yang mempunyai peran penting karena berkat cladding inilah cahaya bisa merambat dalam core serat optic.



3)      Mantel (coating)

Di bagian luar setelah cladding, terdapat mantel atau coating yang umumnya terbuat dari bahan plastic.

Fungsi coating pada kabel fiber optic tidak lain adalah sebagai pelindung mekanis yang menjaga serat optic dari kerusakan yang dapat terjadi karena lengkungan kabel atau gangguan luar lainya seperti kelembapan.

Coating ini memiliki warna yang beragam untuk mempermudah penyusunan urutan core.



4)      Strength member dan outer jacket.

Strength member (material penguat) dan outer jacket (jaket luar) merupakan lapisan terluar dari sebuah kabel optic.

Fungsi atau kegunaanya adalah sebagai pelindung yang menjaga kabel dari gangguan luar yang dapat menyebabkan kerusakan pada core.



Karakteristik kabel fiber optic secara umum.

Selain beberapa komponen diatas, karakteristik kabel jaringan fiber optic secara umum dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1)      Bagian dalam kabel jaringan optic terdiri dari inti yang terbuat dari serat kaca dan diselubungi oleh beberapa lapisan yang bersifat sebagai pelindung.

2)      Konektor secara umum digunakan untuk kabel jaringan fiber optic adalah konektor ST, namun saat ini ada konektor lain yang diperkenalkan sebagai pasangan kabel jaringan fiber optic yaitu konektor SC.

3)      Kecepatan transfer data yang mampu dilakukan kabel fiber optic berada di angka 100 mbps ke atas (bahkan dapat mencapai 1000 mbps).

4)      Biaya rata-rat per node cukup mahal.

5)      Diameter kabel jaringan fiber optic dan ukuran konektornya relative kecil sehingga fleksibel dalam proses instalasi.

6)      Panjang kabel jaringan fiber optic sangat panjang, yakni mencapai 2 km (mengalahkan jaringan lainya seperti coaxial dan twisted pair).



nahh itu saja pembahasan kita kali ini, jika mungkin ada kesalahan penulisan dalam konsep materi yang telah saya sampaikan, saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar besarnya. karena saya sendiri juga merupakan manusia yang tidak luput dari salah dan dosa, jika teman teman teman berkenan silahkan teman teman bisa ikuti saya dan memberikan kritik ataupun saran pada kolom komentar dibawah. Dan saya ucapkan terimakasih karena telah mengunjungi blog saya yang sederhana ini.

wasalamu'alaikum warah matullahi wabarakatuh.

Belum ada Komentar untuk "Karakteristik Kabel Jaringan Fiber Optik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel