Kegunaan Fiber Optik Dalam Kehidupan Sehari-hari

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
Salam sejahtera buat teman-teman semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin yarobal alamin.


Teman-teman sudah pada tahu belum apa kegunaan fiber optic dalam kehidupan sehari-hari.?

Hayooo apa.? Pada penasaran bukan.?

Oke daripada penasaran terus, mendingan langsung kita simak penjelasanya dibawah ini.?



Kegunaan fiber optic dalam kehidupan sehari-hari



Dalam kehidupan sehari-hari fiber optic bisa dimanfaatkan untuk keperluan-keperluan sebagai berikut.

a.       Fiber optic digunakan dalam dunia penyiaran televise dimana sinyal siaran dirubah dalam bentuk digital dan dikirimkan melalui kabel fiber optic yang dipasang pada studio tv.

Dengan demikian penggunaan fiber optic sangat efektif karena menghemat tempat penyimpanan kabel dalam gedung studio TV, tahan terhadap gelombang elektro magnetic sehingga informasi aman, dan yang terpenting mampu menyimpan sejumlah besar informasi siaran.


b.      Fiber optic digunakan untuk aplikasi LAN (Local Area Network) yang lebih efektif dan mempunyai kapasitas yang besar terutama untuk sekolah, rumah sakit, perkantoran, dan instalasi lainya.


c.       Fiber optic dipakai dalam teknologi telepon kabel karena fiber optic memungkinkan terbentuknya jaringan yang sangat luas dalam dunia komunikasi dan system informasi sehingga peralihan dari kabel tembaga ke fiber optic akan membawa perubahan pada masyarakat dalam mengakses informasi dengan cepat.


d.      Untuk mengembangkan saluran fiber optic bawah air.

Upaya ini adalah terobosan baru bagi dunia komunikasi karena memberikan peluang bagi benua lain untuk mendapatkan akses data yang cepat dari suatu tempat yang terpisahkan oleh samudera.


e.      Fiber optic digunakan untuk memperlancar transmisi satelit yang sering kali  mengalami gangguan dalam penggunaan dalam penerimaan informasi dipermukaan bumi.


Fiber optic dipakai sebagai pengirim pada alat-alat komunikasi di bumi yang dapat mengirimkan data dalam jumlah besar dengan cepat.


f.        Dalam bidang kedokteran, kabel fiber optic dimanfaatkan pada saat tindakan operasi dengan menggunakan laser dan juga dipakai sebagai bahan fiberscope, yaitu alat untuk melihat organ-organ pada tubuh manusia tanpa melakukan pembedahan.


g.       Dalam dunia industry, fiber optic dipakai sebagai sensor yang memonitor struktur fisik material yang berbeda-beda.

Dalam hal ini, fiber optic dipasang pada material misalnya pada bahan pesawat terbang bahkan pada bahan pesawat luar angkasa, sehingga sekecil apapun kerusakan material pada perangkat tersebut dapat dideteksi oleh para ilmuan dari bumi.



 nahh itu saja pembahasan kita kali ini, jika mungkin ada kesalahan penulisan dalam konsep materi yang telah saya sampaikan, saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar besarnya. karena saya sendiri juga merupakan manusia yang tidak luput dari salah dan dosa, jika teman teman teman berkenan silahkan teman teman bisa ikuti saya dan memberikan kritik ataupun saran pada kolom komentar dibawah. Dan saya ucapkan terimakasih karena telah mengunjungi blog saya yang sederhana ini.

wasalamu'alaikum warah matullahi wabarakatuh.

Belum ada Komentar untuk "Kegunaan Fiber Optik Dalam Kehidupan Sehari-hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel