Tujuan, Fungsi, dan Orientasi BK
Tujuan, Fungsi, dan Orientasi BK
A. Tujuan Bimbingan
Siapakah yang tidak ingin siswanya kelak, atau putra/putrinya kelak bisa menjadi orang yang baik hatinya (afektif), pintar (kognitif), dan sehat serta terampil (psikomotor) sehingga perkembangan menjadi optimal. Itulah tujuan membimbing, membantu, baik kita menjadi guru ataupun tidak, kita semua dalam konteks sedang membimbing
Guru dan Konselor mempunyai tujuan yang terintegrasi dalam pendidikan. Masing-masing punya fokus dan ekspektasi kinerja yang unik..
1. Tujuan Umum
· Membantu individu mencapai perkembangan yang optimal.
· Perkembangan optimal (Spiritual keagamaan, akhlak mulia, kepribadian, ketrampilan, pengendalian diri, kecerdasan.
· Perkembangan optimal mencakup afektif, kognitif, dan psikomotor
2. Tujuan Khusus
· Dikaitkan secara langsung pada permasalahan dan tugas perkembangan yang sedang dialami individu.
· Pengembangan Bakat , Minat, Kreativitas, Kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, Kemandirian, Kemampuan kehidupan keagamaan, sosial, belajar, Wawasan dan perencanaan karir, Kemampuan pemecahan masalah.
B. Fungsi Bimbingan
1. Perspektif dan fungsi Bimbingan dan Konseling :
· memandu (guiding),
· menyembuhkan (healing),
· memfasilitasi (facilitating),
· memodifikasi (modifying),
· merestrukturisasi
· (restructuring),
· pengembangan (developing),
· mempengaruhi (influencing),
· mengkomunikasikan
· (communicating),
· mengoorganisasikan (organizing)
· advokasi
Atau secara umum dikelompokkan 4 fungsi bimbingan dan konseling: Fungsi Pemahaman, Fungsi Pencegahan, Fungsi Pengentasan, Fungsi Pemeliharaan dan Pengembangan
2. Fungsi Bimbingan, contohnya
· Fungsi Pemahaman yaitu ketika mengajarkan tentang materi matematika aljabar, kalian sedang memberikan pemahaman tentang materi itu.
· Fungsi Pencegahan yaitu sebelum pelajaran olahraga, guru meminta untuk pemanasan, untuk menghindari resiko cidera.
· Fungsi Pengentasan yaitu tidak semua siswa memahami dengan baik materi algoritma, guru dengan senang hati membantu mengajarkan kembali kepada siswa tersebut
· Fungsi Pemeliharaan dan Pengembangan yaitu bagi anak-anak yang akan mengikuti lomba dan olimpiade, ia sudah bisa, namun butuh bantuan untuk mengembangkan lagi.
C. Orientasi Bimbingan
Orientasi bimbingan adalah titik pusat/yang menjadi fokus perhatian
Ketika sedang membimbing, seorang pendidikan perlu memperhatikan tiga hal berikut:
1. Orientasi Perseorangan
Menitik beratkan pandangan kepada siswa secara individual. Tidak membeda-bedakan siswa.
2. Orientasi Perkembangan
Melihat bahwa siswa kita sedang dalam proses perkembangan, baik fisik dan psikis, oleh karenya bimbingan untuk membantu perkembangan optimal
3. Orientasi Permasalahan
Apabila ada permasalahan, guru perlu membantu, karena dapat menghambat perkembangan siswa
Belum ada Komentar untuk "Tujuan, Fungsi, dan Orientasi BK"
Posting Komentar