Tujuan, Fungsi, dan Orientasi BK

Tujuan, Fungsi, dan Orientasi BK

A.      Tujuan Bimbingan

Siapakah yang tidak ingin siswanya kelak, atau  putra/putrinya kelak bisa menjadi orang yang baik  hatinya (afektif), pintar (kognitif), dan sehat serta  terampil (psikomotor) sehingga perkembangan menjadi optimal. Itulah tujuan membimbing, membantu, baik kita  menjadi guru ataupun tidak, kita semua dalam  konteks sedang membimbing

Guru dan Konselor mempunyai tujuan yang terintegrasi dalam pendidikan. Masing-masing punya fokus dan ekspektasi kinerja yang unik..

1.      Tujuan Umum

·         Membantu individu mencapai perkembangan yang optimal.

·         Perkembangan optimal (Spiritual  keagamaan, akhlak mulia,  kepribadian, ketrampilan,  pengendalian diri, kecerdasan.

·         Perkembangan optimal  mencakup afektif,  kognitif, dan psikomotor

2.      Tujuan Khusus

·         Dikaitkan secara langsung pada  permasalahan dan tugas  perkembangan yang sedang  dialami individu.

·         Pengembangan Bakat , Minat,  Kreativitas, Kompetensi dan kebiasaan  dalam kehidupan, Kemandirian,  Kemampuan kehidupan keagamaan,  sosial, belajar, Wawasan dan  perencanaan karir, Kemampuan  pemecahan masalah.

 

B.     Fungsi Bimbingan

1.      Perspektif  dan fungsi  Bimbingan  dan  Konseling :

·         memandu (guiding),

·         menyembuhkan (healing),

·         memfasilitasi (facilitating),

·         memodifikasi (modifying),

·         merestrukturisasi

·         (restructuring),

·         pengembangan  (developing),

·         mempengaruhi (influencing),

·         mengkomunikasikan

·         (communicating),

·         mengoorganisasikan  (organizing)

·         advokasi

Atau secara umum dikelompokkan 4 fungsi bimbingan dan konseling:  Fungsi Pemahaman, Fungsi Pencegahan, Fungsi Pengentasan, Fungsi  Pemeliharaan dan Pengembangan

2.      Fungsi Bimbingan, contohnya

·         Fungsi Pemahaman yaitu ketika mengajarkan tentang materi  matematika aljabar, kalian sedang memberikan pemahaman tentang  materi itu.

·         Fungsi Pencegahan yaitu sebelum pelajaran olahraga, guru meminta  untuk pemanasan, untuk menghindari resiko cidera.

·         Fungsi Pengentasan yaitu tidak semua siswa memahami dengan baik materi algoritma, guru dengan senang hati membantu mengajarkan  kembali kepada siswa tersebut

·         Fungsi Pemeliharaan dan Pengembangan yaitu bagi anak-anak yang akan mengikuti lomba dan olimpiade, ia sudah bisa, namun butuh  bantuan untuk mengembangkan lagi.

 

C.      Orientasi Bimbingan

Orientasi bimbingan adalah titik pusat/yang menjadi fokus perhatian

Ketika sedang membimbing,  seorang pendidikan perlu  memperhatikan tiga hal  berikut:

1.       Orientasi  Perseorangan

Menitik beratkan  pandangan kepada siswa  secara individual. Tidak  membeda-bedakan  siswa.

2.       Orientasi  Perkembangan

Melihat bahwa siswa kita  sedang dalam proses  perkembangan, baik fisik  dan psikis, oleh karenya  bimbingan untuk  membantu  perkembangan optimal

3.       Orientasi  Permasalahan

Apabila ada  permasalahan, guru perlu  membantu, karena dapat  menghambat  perkembangan siswa

 

 

 

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Tujuan, Fungsi, dan Orientasi BK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel