Evolusi Manusia


Evolusi Manusia

Di dalam evolusi manusia kita lihat ada beberapa proses penting yang terjadi. Pertama-tama adalah sikap tubuh dan cara gerak. Sikap tegak mulai kemampuan duduk tegak, dan melalui tahapan berlari tegak, serta berjalan tegak, berakhir dengan berdiri tegak untuk waktu yang lama.
Salah satu akibat berdiri tegak ialah pembebasan tangan dari tugas menunjang badan. Lengan seluruhnya dapat bergerak leluasa daripada tungkai.

Pekerjaan yang dilakukan dengan tangan juga makin lama makin banyak, pekerjaannya berhubungan dengan membuat dan mempergunakan alat, mencari, membawa, mempersiapkan, dan menyuap makanan, mempertahankan diri dan mengasuh anak.


evolusi kepala, evolusi kepala berhubungan erat dengan evolusi muka, Perubahan makanan dan cara mengolahnya mempengaruhi alat pengunyah. Pada masa itu pengolahan makanan sangat sedikit dilakukan sehingga diperlukan geraham yang besar besar untuk mengunyah.

Penemuan dan pembuatan api pada pleistosen tengah dan membuat alat-alat batu menimbulkan kemajuan pula dalam mengolah makanan. Gigi-gigi pipi mengecil, demikian pula rahang dan otot-ototnya. Juga perkembangan yang terpenting adalah pembesaran otak pada manusia,hal ini berhubungan dengan berkembangnya keinginan dan praaksara serta pengendaliannya, kepribadian, pemikiran, daya simak, dan asosiasi, serta integrasi pengalaman.


Berdasarkan temuan yang ada sampai sekarang, pithecanthropus, yang lebih penting dalam evolusi kearah manusia modern, lebih banyak ditemukan di Asia, ya itu di Asia tenggara dan Asia timur. Pithecanthropus terdapat pula di Afrika timur dan Afrika Utara, serta di Eropa tengah dan Eropa selatan.

pada umumnya ahli-ahli berpendapat bahwa manusia purba berasal dari suatu tempat, lalu menyebar ke daerah-daerah lain. Cara manusia purba menyebar ialah sedikit demi sedikit dalam kelompok-kelompok kecil. Oleh karena penyebaran berlangsung dalam Beratus ribu tahun penghunian semua benua terjadi dengan lambat sekali.

Belum ada Komentar untuk "Evolusi Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel