PENGERTIAN MASALAH, CIRI-CIRI MASALAH, DAN JENIS-JENIS MASALAH TAMAN KANAK-KANAK
PENGERTIAN MASALAH, CIRI-CIRI MASALAH, DAN JENIS-JENIS MASALAH TAMAN KANAK-KANAK
Dalam perkembangan dan proses kehidupannya, manusia sangat mungkin menemui berbagai permasalahan, baik oleh individu secara perorangan maupun kelompok. Permasalahan yang dihadapi oleh setiap individu sangat dimungkinkan selain berpengaruh pada dirinya sendiri juga berpengaruh kepada orang lain atau lingkungan sekitarnya.
A. Pengertian Masalah Menurut Para Ahli
1. Cresswel, 2002
Masalah adalah suatu kesenjangan antara apa yang seharusnya terjadi dengan apa yang sudah terjadi tentang suatu perihal, atau kesenjangan antara kenyataan Yang terjadi dengan yang seharusnya terjadi serta harapan dan kenyataan.
2. Robert K.M
Masalah adalah ketidaksesuaian yang signifikan dan tidak diinginkan" antara standar kebersamaan dan kondisi nyata. Ada yang mengartikan juga bahwa masalah adalah hambatan atau kendala dalam mencapa tujuan yang telah direncanakan.
3. WS.Winkel
Masalah adalah suatu yang menghambat,melintangi, mempersulit dalam mencapai usaha untuk mencapai tujuan
Dari beberapa pendapat para ahli diatas dapat kita simpulkan Secara sederhana, masalah dapat diartikan sebagai "suatu yang menghambat, merintangi, atau mempersulit seseorang mencapai maksud dan tujuan tertentu. Bentuk konkret dari hambatan atau rintangan itu dapat bermacam-macam, misalnya godaan, gangguan dari dalam atau dari
luar, tantangan yang ditimbulkan oleh situasi hidup".
B. Ciri-Ciri Masalah
1. Masalah muncul karena ada kesenjangan antara harapan (das Sollen) dan kenyataan (das sein).
2. Semakin besar kesenjangan, maka masalah semakin berat.
3. Tiap kesenjangan yang terjadi dapat menimbulkan persepsi yang berbeda-beda
4. Masalah muncul sebagai perilaku yang tidak dikehendaki oleh individu itu sendiri maupun lingkungan.
5. Masalah timbul akibat dari proses belajar yang keliru.
6. Masalah memerlukan berbagai pertanyaan dasar (basic question) yang perlu dijawab.
7. Masalah dapat bersifat individual maupun kelompok.
menurut Teori Dewey, masalah pada hakekatnya memiliki lima ciri
1. Akan membuat seseorang merasabimbang, bingung, dan kesulitan.
2. Akan membuat seseorang berusaha untuk merumuskan masalah karena ingin dipecahkan, hal ini bertujuan untuk mengatasi kebimbangan dan kesulitan yang dialaminya.
3. Akan membuat seseorang mengumpulkan data atau informasi sebagai suatu langkah untuk menemukan solusi dalam masalah yang dialaminya.
4. Akan membuat seseorang untuk mengembangkan ide untuk mendapatkan pemecahan yang terbaik melalui penalaran.
5. Akan membuat seseorang mengambil kesimpulan yang didukung fakta-fakta atau bukti-bukti yang telah dikumpulkan.
C. JENIS-JENIS MASALAH PADA TAMAN KANAK-KANAK
Setidaknya terdapat tiga jenis permasalahan pada taman kanak-kanak, yaitu masalah fisik, psikis, dan sosial.
1. Masalah Fisik
· Masalah Gangguan Fungsi Panca Indra
· Cacat Tubuh
· Obesitas (kegemukan)
· Kidal
· Hiperaktif
2. MASALAH PSIKIS
· Konsentrasi
· Intelegensi
· Berbohong
· Emosi
3. Masalah Sosial
· Tingkah Laku Agresif
· Daya Saing Kurang
· Pemalu
· Negativisme
· Perilaku Berkuasa
· Perilaku Merusak
Belum ada Komentar untuk "PENGERTIAN MASALAH, CIRI-CIRI MASALAH, DAN JENIS-JENIS MASALAH TAMAN KANAK-KANAK"
Posting Komentar